BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 14 November 2009

Budaejjigae

Makanan ini juga dikenal sebagai sup ham.Ini masakan bisa dimasak sendiri di rumah. Tapi juga bisa ditemuin di restoran khusus, terutama restoran yang menjual khusus Budaejjigae yang terkumpul di satu daerah, Eujeonbu.

Sudah tau belum kalau jenis masakan Jjigae itusemacam sup tapi kuahnya sedikit dibanding sama isinya. Makanya yang makan lebih nikmatin rasa berbagai ham sama sayur-sayuran.

Sisi lain yang menarik dari masakan ini dari asal usul namanya. Secara tata bahasa, namanya tuh berarti SUP MILITER istilah Budae artinya “satuan militer”. Nah hubungannya ini masakan sama itu ini :

Setelah perang Korea, masyarakat Seoul kekurangan daging. Makanya sebagian besar orang sana akhirnya masak sup dengan berbagai jenis ham yang didapat dari daerah Eujeonbu yang terkenal banyak tentara Amerika ditempatkan di situ. Gara-gara sup ham ini dimasak dengan bumbu tradisional Korea, Gochujang, maka masyarakat yang ingin sekali makan daging. Namun kesukaan masyarakat Korea sama masakan Budaejjigae itu ternyata diteruskan sampai sekarang dan banyak terdapat di restoran khusus Budaejjigae, terutama di daerah Eujeongbu, bagian utara Seoul. Di sana ada banyak rumah makan yang menjual sup ham itu dengan nama aslinya.

Masakan ini biasanya dimakan sambil dimasak di atas meja makan langsung. Uniknya, biasanya orang-orang menambah mie di kuahnya. Makanya muncul rasa mie instant yang baru. Bahan sederhana dapat membuat masakan ini disukai oleh semua orang baik anak-anak maupun dewasa.

Budaejjigae

Bahan-bahan:
100g ham
100g sosis
100g jamur jenis apa saja
1/2 buah bawang bombai
1 batang daun bawang
1 buah cabe
2 lembar keju
1 sdm mentega
6 gelas air
2 sdm bubuk cabe
2 sdm Gochujang
2 sdm bawang putih cincang halus
1 sdm kecap asin
sedikit lada

Cara membuat:

  • Potong ham dan sayur-sayuran dengan ukuran sedang
  • Campurkan bahan bumbu
  • Tempatkan semua bahan dalam panci lalu tuangkan air
  • Setelah dididih masukkan mentega
  • Setelah semua bahan matang masukkan campuran bumbu
  • Matikan api lalu taruh lembaran keju di atasnya.
  • Sajikan dengan nasi putih saat masih panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar